Personal Commitment To Save The Earth

Masih pada ingat Earth Hour kan? Kegiatan memadamkan lampu dan peralatan listrik selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan untuk mengatasi perubahan iklim. Earth Hour ini dilaksanakan setiap tanggal 31 Maret  mulai pukul 20.30 sampai pukul 21.30. Selain memadamkan lampu dan peralatan listrik, juga ada berbagai kegiatan kreatif lainnya yang dilakukan oleh banyak orang sebagai bentuk peduli mereka terhadap bumi. Saya juga ikut berpartisipasi pada saat itu. Lampu kamar dan peralatan listrik lainnya gak saya nyalakan. Dan jujur aja, saya baru mengetahui adanya kegiatan Earth Hour pada tahun ini. Hellowww, kemana aja saya selama ini? heheh. Padahal di Indonesia sendiri, kegiatan Earth Hour ini sudah berjalan sejak tahun 2008.

Nah, setelah kegiatan Earth Hour kemarin selesai, saya terinspirasi untuk melakukan banyak tindakan sebagai bentuk peduli saya terhadap bumi. Tindakan yang saya mulai dari diri saya sendiri.

1. Earth Hour

Memadamkan lampu dan peralatan listrik mulai pukul 20.30-21.30 setiap hari.

2. Don’t receive plastic bags from super markets

Tindakan ini sudah saya lakukan sejak lama. Kalau berbelanja ke super market saya menolak untuk menerima plastik. Saya memilih untuk memasukan barang belanjaan ke dalam tas khusus belanja atau tas yang biasa dipakai untuk kuliah. Dan saya akan terus melakukannya. Karena plastik-plastik yang ada selama ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa di daur ulang. Mungkin kita gak akan hidup selama itu, tapi ingat. Anak cucu kita!

3. Bawa tempat sendiri saat belanja sayur atau buah

Ini belum saya lakukan, karena baru terpikirkan kemarin. Hehe. Dengan membawa tempat sendiri seperti tupperware,kita bisa menolak plastik yang ditawarkan untuk membungkus belanjaan. Sayuran atau buah yang dibeli juga akan terhindar dari zat kimia yang ada pada plstik.

4. Bawa minum dari rumah 

I have 1 plastic bottle for my water so I dont buy plastic bottled water anymore. Selain hemat, dengan membawa minum sendiri juga membuat kita gak mengotori bumi dengan sampah kemasan botol plastik bekas minuman.

5. Buang sampah pada tempatnya

Ini adalah tindakan yang sangat sederhana. Buanglah sampah pada tempatnya. Jangan biarkan bumi kita tercemar.

6. Gunakan kertas bekas

Membayangkan jutaan pohon ditebang untuk membuat kertas saja sudah membuat saya bergidik ngeri. Mari bergaya hidup paperless. Gunakan kertas bekas untuk membuat tugas. Atau kalau mau mengumpulkan tugas, lebih baik melalui email saja. Lebih hemat, praktis, dan ramah lingkungan.

Ini adalah bentuk perjuangan yang akan saya lakukan untuk menyelamatkan bumi. I might not change the world, but I hope I will make a difference. Saya yakin, pasti kalian juga punya tindakan lain atau serupa sebagai bentuk peduli terhadap bumi.

Lets be environment friendly! 😀

Advertisements

Published by

Rafida Djakiman

librocubicularists📖.ambonese.movie enthusiast

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s