#Random Thought

Sambil menyeruput secangkir kopi, mendengarkan Jar of Heart-nya Christina Perri, saya mulai bertualang lagi di blog ini.  Saat ini saya membayangkan sedang berada di kedai kopi “Toi-Toi”, duduk manis sambil ditemani secangkir kopi dan sebuah buku. Secangkir kopi yang benar-benar enak. Kedai kopi  yang diceritakan sangat apik oleh Mba Windy Ariestanty di buku Life Traveler itu berada di pedesaan Republik Ceska. Cara Mba Windy menuturkan pengalamannya di kedai kopi “Toi-Toi” benar-benar bikin saya ngiler setengah mati. Saya ingin ke sana, menikmati harum kopi bercampur dengan bau kayu bakar di perapian yang menggoda hidung itu. Menikmati suasana akrab dengan wajah-wajah asing dari berbagai belahan dunia. Ah, semoga saja saya bisa ke sana. Entah di masa yang mana. 🙂

Btw, saya sedang mencoba kopi baru yang saya beli di supermarket tadi. Harganya lebih mahal (untuk kantong mahasiswa) dari Coffeelicious favorit saya. Harganya sama dengan sebungkus roti gandum. Tapi setelah saya mencobanya, hmmm, delicious! Gak rugi la yaaa. 😉

Sore tadi ada teman saya yang sms menawarkan pekerjaan sampingan. Dalam benak saya pada saat itu adalah pekerjaan yang menguras otak dan tenaga. Singkatnya kami berdua janjian bertemu selepas Magrib di sebuah kedai makan. Setelah memesan sepiring nasi goreng dan segelas es jeruk, teman saya bilang “Kamu gak usah bayar, saya traktir.” saya bersorak dalam hati. Maklum mahasiswa. Hehe. Setelah makanan datang dan bersiap-siap untuk suapan pertama, teman saya memulai perbincangan sambil mengeluarkan sebuah katalog yang udah gak asing lagi buat saya. Perasaan saya mulai gak enak, tapi tetep aja sesuap nasi goreng mendarat dengan lancar di mulut saya. Teman saya bilang ” Gini loh, saya mau ngajak kamu gabung di MLM (Multi Level Marketing) ini bla bla bla bla …..” rasanya saat itu juga saya pengen bilang gak usah traktir saya dan dimana pintu keluarnya. Oh my God! Lagi-lagi saya terjebak di situasi dimana saya gak pengen berada di sana. Well, kejadian yang sama terulang kembali. Kejadian dimana saya merasa seperti dihipnotis, diajak untuk sukses, kaya, dengan hanya mencari jaringan dan menjual produk. Tuhan, saya gak berbakat untuk hal yang satu itu. Kalau saya berbakat, hari ini saya sudah menjadi mahasiswi Marketing.

Saya bukan orang yang anti sama MLM. Helow, siapa saya? bukan itu. Saya sangat setuju dengan adanya MLM. Hidup mereka berubah, mereka sangat optimis, punya motivasi yang tinggi, memiliki jaringan yang luas, dan wow kaya raya. Dan saya suka orang-orang seperti itu. Orang-orang yang memandang hidup penuh optimis. Saya malah berfikir, lebih baik jutaan rakyat Indonesia yang tergolong miskin ikut MLM biar punya penghasilan. Biar ni negara jadi negara yang makmur karena punya rakyat yang hidupnya makmur juga. Iya gak? Tapi masing-masing orang punya pandangan yang berbeda tentang kebahagiaan, kerja keras, sukses, dan hidup. Ya, mungkin bagi sebagian orang kerja keras adalah dengan mengikuti MLM. Sukses dan bahagia adalah ketika punya duit milyaran rupiah di rekening, punya mobil, dan rumah mewah. Hidup adalah untuk mencari uang sebanyak-banyaknya.

Buat saya, hidup adalah ketika saya bermanfaat untuk semua orang. Kerja keras adalah ketika otak dan tenaga saya kerahkan untuk mencapai passion saya. Sukses adalah ketika saya berhasil mencapai apa yang menjadi passion saya. Bahagia adalah ketika saya melakukan apa yang saya suka, apa yang menjadi passion saya. Saya ingin melakukan sesuatu bukan karena saya pengen punya duit banyak. Walaupun ada joke  “Yang bilang money can’t buy happiness itu pasti gak tau gimana caranya belanja dan gak tau mesti belanja dimana.” hahaha 😀

MLM bukan passion saya. Itu saja!

– Good night

Advertisements

Published by

Rafida Djakiman

librocubicularists📖.ambonese.movie enthusiast

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s