Asli Atau Bajakan?

Kemarin waktu buka akun FB, ada sahabat saya yang bertanya seperti ini:

Dan saya menjawab:

Awalnya agak dilema mau menjawab apa. Tapi akhirnya saya menjawab seperti apa yang ada di atas. Kalau saya disuruh memilih buku 1 buku asli atau 3 buku bajakan, maka saya akan memilih 1 buku asli. Alasan saya sederhana, buku asli lebih awet dibandingkan buku bajakan. Selain itu, saya juga menghargai sang penulis dengan membeli buku aslinya.

Sekarang banyak beredar produk bajakan di pasaran, entah itu CD ataupun buku. Sampai-sampai banyak musisi yang memprotes aksi pembajakan yang dilakukan oleh berbagai oknum gak bertanggung jawab. Tapi sampai sekarang saya belum pernah mendengar penulis memprotes beredarnya buku bajakan atau fotokopian yang ada di pasaran. Entah mereka setuju atau gak produk mereka di kopi, saya gak tau. Tapi secara pribadi, saya setuju kalau ada buku bajakan yang di jual di pinggiran kaki lima atau di toko yang sangat sempit. Kenapa? Karena saya rasa yang kita butuhkan dari sebuah buku bukan asli atau palsunya, tapi ilmu yang ada di dalam buku tersebut. Saya malah berfikir bahwa pasti banyak penulis senang karya mereka di baca oleh semua orang yang haus akan ilmu pengetahuan.

Tapi itu hanya pendapat saja, yang mana pendapat tersebut gak saya berlakukan untuk diri saya sendiri. Karena saya akan tetap beli buku asli. Bila perlu beli buku bekas yang penting asli, daripada saya harus beli bajakan. Karena buku-buku tersebut akan saya wariskan kepada anak cucu saya nantinya.

How about you guys?

Advertisements

Published by

Rafida Djakiman

librocubicularistsđź“–.ambonese.movie enthusiast

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s